Tue. Aug 9th, 2022

Bagi Anda yang memiliki budget terbatas namun ingin memiliki mobil impian, mengajukan kredit mobil bisa menjadi solusi yang paling tepat. Karena Anda hanya perlu menyiapkan biaya untuk DP mobil baru dan biaya tambahan lainnya untuk administrasi dan asuransi.

Namun sebelum Anda mengajukan kredit mobil, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan baik agar pengajuan lolos dan disetujui. Untuk mengetahui lebih jauh, silakan simak ulasan tentang tips pengajuan kredit berikut ini.

Tips Pengajuan Kredit Mobil agar Disetujui

Ketika Anda mengajukan kredit mobil baru, maka ada beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu. Mulai dari kelengkapan dokumen sebagai persyaratan pendukung, dana untuk pembayaran DP, hingga kredit skor. Agar pengajuan disetujui, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu dilakukan:

1.    Menyiapkan Dokumen yang Diperlukan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengajukan kredit mobil adalah menyiapkan dokumen sebagai salah satu persyaratan administrasi yang diperlukan. Dokumen tersebut sangat penting untuk meyakinkan lembaga pembiayaan atau leasing agar kredit disetujui.

Beberapa jenis dokumen yang perlu disiapkan antara lain adalah identitas diri seperti KTP dan KK, serta dokumen pendukung lainnya seperti slip gaji, NPWP, bukti pembayaran rekening listrik, air, PBB, rekening koran hingga salinan SIUP/TDR/SKDP bagi wiraswasta.

2.    Mengkalkulasi Penghasilan

Tips selanjutnya adalah mengkalkulasi penghasilan untuk memastikan bahwa pengajuan kredit tidak akan memberatkan kondisi keuangan keluarga. Jika penghasilan Anda tidak mencukupi tentunya sangat sulit untuk lolos dalam pengajuan kredit mobil baru.

Untuk memudahkan dalam mengkalkulasi penghasilan dan besaran cicilan yang harus dibayar setiap bulannya, Anda bisa memanfaatkan fitur kalkulator kredit yang disediakan oleh SEVA. Platform beli mobil online ini akan memberikan gambaran yang jelas mengenai skema kredit.

Aplikasi ini adalah solusi terbaik bagi Anda yang ingin membeli mobil baru secara kredit dengan skema pembiayaan yang paling tepat sesuai kemampuan finansial masing-masing. Anda bisa memanfaatkan fitur Instant Approval untuk rekomendasi mobil yang paling tepat.

Karena fitur tersebut akan memberikan pilihan mobil yang paling sesuai dengan kondisi dan kemampuan keuangan Anda. Besaran cicilan yang harus dibayar setiap bulan tidak akan memberatkan dan mengganggu kebutuhan lainnya, karena sudah diperhitungkan sejak awal.

3.    Menyiapkan Dana untuk Uang Muka atau DP

Cara selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyiapkan dana untuk pembayaran uang muka atau DP. Persentase yang diberlakukan untuk keperluan DP ini biasanya cukup bervariasi antara 0% – 50%, namun yang paling sering digunakan adalah 20% – 30%.

Agar pengajuan kredit mobil Anda lolos dan disetujui, maka sangat disarankan untuk membayar uang muka dalam jumlah yang besar setidaknya 40% dari harga mobil. Karena besaran DP akan menunjukkan komitmen dan tanggung jawab finansial Anda.

Selain itu, pembayaran DP dalam jumlah yang besar juga akan memberikan keuntungan tersendiri. Karena memungkinkan Anda untuk mendapatkan cicilan yang lebih ringan dengan tingkat suku bunga yang relatif lebih rendah.

4.    Memiliki Skor Kredit yang Bagus

Tips terakhir jika ingin pengajuan kredit mobil Anda disetujui adalah memastikan bahwa skor kredit yang Anda miliki bagus. Biasanya yang menentukan bagus tidaknya skor kredit seseorang adalah Bank Indonesia melalui sistem BI Checking.

Dengan melakukan beberapa tips yang telah dijelaskan di atas, maka hal itu akan meningkatkan peluang Anda untuk disetujui saat mengajukan kredit mobil baru. Untuk proses pembelian mobil yang aman, mudah dan transparan, Anda bisa mempercayakannya kepada platform beli mobil online terbaik.

By Shendy